Home » » Cara Mengelola Toko Online

Cara Mengelola Toko Online

Angin surga sering kali merontokan pemula bisnis online, apalagi untuk pemula bisnis online yang mengelola sendiri toko onlinenya namun  pengetahuan tentang mengelola web toko online masih minim. Sengaja saya menulis artikel ini, karena beberapa kali mengamati user/pemula bisnis online rontok sebelum berkembang dan jika diamati rontoknya bisnis online karena minimnya pengetahuan pengelolaan website toko online. Setiap web toko online selesai kemudian serah terima user id, password dan panduan pemakaian/pengelolaan diserahkan pasti setelah itu web akan stag/berhenti kalaupun berjalan juga posting item produk asal-asalan dan terkesan tidak serius.
Tentu sayang kalau sampai tutup

Memang mengelola bisnis online dengan membangun Web Online Shop perlu dan butuh totalitas, telaten/tekun serta sabar. Bagaimana tidak butuh hal tersebut, ya mengelola web toko online harus mampu/bisa mempromosikan web kita, harus rajin posting item produk dengan jeli dan teliti satu-persatu setiap item. Hal-hal ini lah yang sering kali membuat pemula bisnis online dengan toko online selalu gugur/rontok di tengah jalan, karena ada bayangan bahwa bisnis online bisnis enak dan mudah tidak perlu kemana-mana karena order bakalan datang sendiri. Tentu salah jika kita beranggapan bahwa bisnis online itu mudah dan gampang, bukan saya akan mematahkan anggapan bahwa bisnis online itu mudah tetapi semata-mata ingin memberi gambaran terpahit bagaimana kita akan menjalani bisnis online dengan website toko online di internet.
Jangan sampai begini
Hal apa saja yang perlu disiapkan jika kita ingin memulai bisnis online dengan website, berikut ini sedikit pendapat dari saya semoga tidak terlalu melenceng :
  • Produk, karena kita akan berjualan tentu ada produknya kemudian persiapkan foto-foto produk dan deskripsinya lengkap.
  • Persiapkan arah dan segmen yang akan kita kejar/target. 
  • Pesaing/Kompetitor, perhatikan calon saingan atau kompetitor kita di dunia online juga.
  • Modal, persiapkan modal awal yang cukup termasuk untuk kemungkinan terburuk.
  • Buat web, jika tidak bisa membuat sendiri bisa dengan mencari jasa desain blog/web toko online.
  • Jika sudah mendapatkan jasa pembuatan web blog toko online yang cocok, mulailah persiapkan diri kita sendiri dengan pengetahuan belajar mengelola web/blog toko online.
  • Foto, editing foto juga ikut menentukan isi website toko online kita.
  • Deskripsi produk, deskripsi dan keterangan produk perlu kita pelajari juga untuk menarik calon pembeli dan deskripsi produk juga bisa berpengaruh pada serapan mesin pencari atau search engine.
  • Promosi, persiapkan cara-cara berpromosi untuk web toko online kita..bisa dengan memanfaatkan search engine, sosial media atau offline. Karena hanya mengandalkan search engine saja tanpa pengetahuan SEO maka akan sia-sia web kita.
  • Mental dan Servis, siapkan mental dan servis kita untuk calon pembeli disana..mental dibutuhkan karena calon pembeli online sering kali meminta ini dan itu, asal Ping minta cepat eee malahan nggak jadi Transfer/batal. hal-hal seperti tersebut akan sering kita jumpai ketika mengelola toko online. Servis juga perlu karena kita juga/mutlak ramah pada calon pembeli.
Kalau pendapat saya mengenai cara mengelola web toko online supaya mampu bertahan yaitu mulai dengan belajar bagaimana mengelola website toko online sendiri dan menentukan cara-cara berpromosi yang efektif agar supaya produk kita laku dijual di internet dengan website.

6 komentar:

  1. Kami di Bidang Jasa Pembuatan Website.
    Menerima Jasa Pembuatan Web Design, dengan Harga yang Standar Khususnya Pembuatan Website:
    - Online Shop
    - Company Profile
    - Sekolah
    - Profil Pribadi
    Kami juga menerima jasa like fanspage fb dari 500 like -sampai 10.000 like.
    Mengenai info tentang kami. dan Pemesanan Website bisa hubungi kami di :
    Contact Us : 0822.2010.1566 Pin BB: 30F6F56B
    Info : www.RajaWebsite.Net

    BalasHapus
  2. Tips yang cukup menarik dalam pengelolaan toko online. Saat ini sudah sangat banyak jasa pembuatan toko online akan tetapi terkadang support yang diperlukan konsumen untuk membantu mengelola store mereka yang cukup krusial. Mengelola online store memang diperlukan ketelitian dan kesabaran serta kreativitas dalam marketing supaya tetap jalan sesuai rencana.

    Salam Fajar S

    BalasHapus
  3. oke gan artikelnya, banyak hal yang dapatkan dari artikel ini, baru memulai toko online, artikelnya sudah membantu

    BalasHapus
  4. terima kasih artikelnya,
    bermanfaat banget buat newbie seperti saya ini....
    Jasa Branding

    BalasHapus
  5. Hati-hati dengan orang ini (Zulkhaery Basrul). Sudah banyak orang ditipu.
    Silahkan cek http://suarapojokbuku.blogspot.com .
    Semua testimoni bisa dicek.

    “Saya juga termasuk korban saudara yang terhormat Zulkhaery. ”

    Untuk diketahui, saya posisi di Pekanbaru, dia di Jakarta. Beberapa pekerjaan yang saya berikan tidak rampung dikerjakan, akhirnya saya yang diuber-uber konsumen di Pekanbaru.

    Kalau dia di Pekanbaru, sudah pasti saya Polisi-kan. Karena dia di Jakarta makanya males saya ngurusin. Tapi sakit hati ini bener2 kesumat. Demi Allah, serupiah pun saya tidak memakan hak dia, bahkan beberapa kesempatan hak dia saya dahulukan karena dia yang mengerjakan website.

    Kenyataannya, setelah uang ditransfer, bahkan konsumen sampai bayar beberapa kali, berbulan-bulan website tidak bisa dikerjakan dan mulai susah dihubungi. Setelah menunggu sekian bulan (kurang lebih 6 bulan), baru dia ngabari kalau uang konsumen pulangkan saja. Sedangkan jatah dia dan jatah saya sudah dibagi habis, tentu uang yang sudah berbulan-bulan itu telah habis pula, dengan seenaknya dia membatalkan sepihak dengan pembuat website.

    Terakhir karena jauh, saya sampai bersumpah kepada dia tentang akibat dari perbuatan dia (Zulkhaery Basrul), tentu dia saya kira masih ingat apa sumpah saya itu, dan sekarang insyallah Tuhan tunjukkan keburukan dia. Memang kerugian total saya tidak terlalu besar (<10jt), tapi sakit hati saya itu lebih dari itu, dimaki-maki dan diancam konsumen akibat perbuatan Zulkhaery.

    Sebenarnya saya sudah malas membahas ini, toh dia sudah dapat akibat dari perbuatan dia (walaupun belum terlalu parah) dan saya juga telah mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik. Tapi tak bisa dipungkiri, rasa sakit hati dan dendam ini masih berbekas di hati.

    Saya utarakan ini agar dapat disebarkan, agar tidak bertambah pula korban penipuan dia.

    Cari duit dengan cara bener aja asik kok, ini malah sukanya bikin runyam kehidupan.

    Taubatlah saudaraku Zulkhaery Basrul, hasil kelakukanmu yang bikin orang sakit hati itu dimakan oleh anak istrimu, kasihan liat keluargamu yang diberi nafkah dari hasil “menipu orang”.

    Wassalam…
    TTD…M. KHOFIFUDDIN”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ikut prihatin dengan masalah yang Anda alami Pak. Khofifudin, bisnis online merupakan bisnis bermodal kepercayaan dan kejujuran, jadi sekali kita berbuat tidak jujur maka akan hancur kepercayaan dari pelanggan dan juga reseller..dan yang pasti uangnya tidak berkah dan manfaat..

      Hapus